Pesaing Pizza Hut Jangan Senang Dulu Atas Berita Bahan Kadaluarsa

Belakangan ini publik Indonesia di suguhi berita mengenai pizza hut memakai bahan makanan yang kadaluarsa atau expired. Hal yang perlu kita pahami adalah sebab pizza hut memakai bahan makanan yang sudah kadaluarsa. Karena restoran keluarga yang memiliki ratusan outlet ini tidak mudah dalam mengurus segala sesuatunya. Dan hal tersebut dapat terjadi di restoran manapun.



Dari sisi teknologi informasi, kita coba telusuri kenapa bisa sampai ada dugaan pemakaian bahan pokok kadaluarsa dari sebuah restoran besar di Indonesia ini. Seharusnya jika memakai sistem informasi yang terintegrasi dengan solid, maka hal ini tidak harus terjadi kecuali memang di sengaja. Namun artikel ini hanya mengajak para pemilik restoran apapun baik pizza, masakan padang, warung steak dan sebagainya, untuk lebih memahami penyebab restoran dapat memakai bahan yang kadaluarsa.

Pengendalian Bahan Pokok Produksi Pada Sebuah Restoran

Dalam mengendalikan bahan pokok produksi pada sebuah restoran memang bukan perkara mudah. Solusinya terletak pada visibilitas barang masuk, umur persediaan dan sebagainya. Data tersebut juga berguna untuk menghitung harga pokok pendapatan pada sebuah restoran. Sedangkan kunci sukses sebuah restoran yang banyak cabang adalah membuat standarisasi secara global.

Menurut kami, restoran sekelas Pizza Hut sudah memakai sistem informasi yang mendukung untuk visibilitas persediaan. Namun dalam kasus restoran banyak cabang dan perpindahan stok sering terjadi, disini masalah umum dapat terjadi mengenai integritas data. Jika proses pengeluaran barang atau stock transfer tidak ter-integrasi antara bagian gudang, purchasing, inventory, chain request, dan sebagainya maka data mengenai stok menjadi tidak akurat.

Hal tersebut dapat terjadi pada restoran apa saja dan dimana saja. Oleh karena itu, jika anda sudah memakai sistem informasi sekelas SAP Business One sekalipun, tetap anda harus cek ricek integritas data yang dapat tidak akurat karena suatu proses rutin. Atau ada celah pada proses rutin yang belum di dukung oleh sistem.

Tanpa mengetahui perpindahan stok, dan umur stok di tiap-tiap gudang, otomatis manajemen restoran akan sulit "melihat" stok yang kadaluarsa. Jika sudah begini, maka masalah akan merembet pada masalah pembelian.

Manajemen Pembelian Bahan Pokok Restoran

Ini termasuk bagian kritis pada operasional restoran. Kekhawatiran terhadap bahan yang dibeli namun terbuang merupakan alasan kuat untuk mendapatkan sebuah sistem yang dapat membantu mengatasi masalah tersebut.

Sederhananya, dalam masalah pembelian tiap restoran dapat mengukur bahan yang terpakai tiap hari, tiap minggu dan tiap bulan. Lantas dibandingkan dengan bahan pokok dan pendukung yang berumur harian, mingguan dan bulanan. Kuncinya adalah visibilitas stok, stok tersedia, stok dalam proses dan stok yang sudah terpakai, dan umur stok. Semua harus di kategorikan secara terperinci terlebih dahulu sebelum sistem digunakan untuk operasional.

Namun, khusus untuk Pizza Hut, kami tidak melihat bahwa para franchisee mereka menggunakan sistem back office. Jika ini benar, maka monitoring stock sebetulnya terjadi hanya secara internal atau antar gudang-gudang yang ada.

Kami tidak melihat alasan pizza hut sengaja menggunakan bahan pokok yang kadaluarsanya di perpanjang. Ini benar-benar bukan suatu alasan yang logis, kecuali jika bahan tersebut berumur pendek hanya 3 bulan dan sudah habis di pengiriman (import) sekitar 1 bulan.

Dapat Terjadi di Restoran Manapun


Sepanjang sistem informasi anda tidak akurat, hal ini dapat terjadi pada restoran anda. Kami melihat tidak hanya di restoran, bahkan di convenient store dan mini market pun hal ini dapat terjadi. Oleh karena itu kenapa 7 Eleven Indonesia memperbarui sistem mereka dan menghabiskan puluhan milyar rupiah.

Pemberitaan negatif sekali saja dapat meruntuhkan penjualan. Tingkat kepercayaan yang dipertaruhkan. Menggunakan jasa konsultan IT untuk restoran banyak cabang memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, akan tetapi anda lebih menjamin informasi yang di terima staff manjemen adalah akurat. Sehingga bahan kadaluarsa sudah bukan menjadi issu lagi.

Oleh karena itu, para pesaing pizza hut jangan senang dulu denga berita tersebut. Sebab hal yang sama dapat terjadi pada usaha anda.

Komentar

Postingan Populer