Manajemen Restoran Terpusat Dengan Sistem Cloud

Bagi pemilik restoran dengan cabang banyak, sangat penting untuk memiliki manajemen terpusat untuk semua restorannya. Tanpa manajemen terpusat, mereka harus ke masing-masing restoran untuk mendapatkan data dan laporan, yang akan membuang-buang waktu berharga serta uang. Jika anda adalah pemilik atau calon pemilik restoran waralaba, maka anda benar-benar perlu memahami bagaimana sistem Cloud POS (Point Of Sales) dapat membantu anda secara efisien dalam mengelola bisnis restoran.


Apa itu Cloud POS ?

Banyak anggapan bahwa penerapan software cloud POS berarti merubah total sistem yang ada secara keseluruhan dan mengganti perangkat lama menjadi perangkat tablet dan perangkat genggam. Itu tidak benar. Cloud computing tidak harus menjadi perubahan yang sangat ekstrim pada bisnis restoran. Hal ini dapat lebih sederhana dan mudah untuk kebutuhan usaha ritel atau bisnis restoran. Software Cloud POS dapat diintegrasikan ke dalam sistem informasi restoran yang ada untuk meningkatkan keamanan dan visibilitas restoran anda atau untuk sebuah toko ritel.
Software Cloud POS, yang terintegrasi dengan hardware POS, menggunakan infrastruktur internet untuk mengakses data melalui server dari jarak jauh. Dengan kata lain, data yang disimpan dalam sistem POS dapat secara otomatis di backup dan disinkronkan, sehingga lebih mudah untuk melindungi dan memperbarui informasi. Solusi cloud mampu mengintegrasikan beberapa saluran penjualan sekaligus meningkatkan keamanan, memungkinkan perusahaan untuk lebih efisien dalam invesasi perangkat penyimpanan, memori, pengolahan dan bandwidth.

Manajemen Restoran Terpusat Dengan Cloud POS


Kebanyakan sistem POS memberikan semacam manajemen menu, laporan penjualan dan sebagainya. Tapi anda tetap harus pergi ke restoran atau cabang untuk melakukan manajemen dan mendapatkan data monitoring yang anda butuhkan. Untuk restoran tunggal, tidak masalah memakai sistem POS seperti itu. Tapi untuk restoran dengan banyak cabang, hal ini menjadi sangat tidak praktis. Sistem cloud POS dapat menyediakan titik akses ke semua restoran anda. Anda dapat mengatur semua restoran dan mendapatkan data penjualan serta data lainnya secara lengkap dan real-time dari semua restoran dimana saja anda berada. Anda dapat melakukannya di kantor, di rumah, atau di mana saja di seluruh dunia. Semua data ini real-time, memberikan update tercepat pada operasi bisnis restran anda.
Jika restoran Anda berada secara luas atau akan diperluas ke kota-kota yang lain di tiap propinsi Indonesia, atau bahkan berbagai negara, maka anda akan membutuhkan fitur ini dan mendapatkan manfaat besar.
Cloud POS memungkinkan untuk mengatur akun para manajer dari masing-masing restoran. Sehingga anda dapat meng-evaluasi manajer anda, dan manajer anda dapat melakukan due diligence serta mengelola restoran di bawah pengawasan mereka.

Keuntungan Menggunakan Sistem Manajemen Restoran Terpusat

Berikut adalah lima manfaat dari mengintegrasikan software berbasis cloud POS ke dalam sistem yang ada di restoran anda:

1. Meningkatkan visibilitas Data

Dengan Cloud POS, anda dapat memantau dan mengelola bisnis anda melalui internet dari mana saja. Anda dapat melihat jumlah persediaan, persentase penggunaan tenaga kerja, laporan produktivitas atau total penjualan serta biaya harian dari jarak jauh - dan secara real time. Informasi dapat langsung diperbarui dari manapun anda berada. Bahkan pada liburan atau hari libur, anda dapat mengawasi karyawan dan operasional restoran.

2. Penurunan downtime selama update

Ketika restoran memerlukan untuk upgrade versi pada tiap perangkat, karyawan dan manajer tidak perlu membuang waktu untuk memperbarui setiap perangkat yang ada - termasuk komputer back-office, terminal POS dan perangkat genggam. Hal ini dapat mengakibatkan inkonsistensi dan kesalahan yang menyebabkan gangguan lebih lanjut terhadap aktifitas operasional restoran anda. Dan dengan sistem yang tidak "di awan," mungkin diperlukan waktu cukup lama untuk menyelesaikan update.
software Cloud POS hanya perlu diperbarui sekali dan pada satu komputer atau perangkat, dan secara otomatis akan memperbarui sisanya secara real-time. Manajer bahkan dapat membuat update ini dari perangkat pribadi mereka sendiri.

3. Meningkatkan Mobilitas

Sitem manajen restoran teprusat dengan layanan perangkat lunak pada dasarnya dapat menggunakan perangkat mobile ke sistem yang ada sebagai peningkatan mobilitas. Dengan kata lain, pemilik restoran dapat memanfaatkan fungsi Mobile POS tanpa sepenuhnya menerapkan sistem Mobile POS. Sehingga informasi dapat diakses dari smartphone apapun, tablet atau perangkat genggam lainnya. Hal ini memungkinkan karyawan dan manajer untuk menyelesaikan tugas-tugas penting mereka ketika berada jauh dari terminal POS. 

4. Efisien Manajemen Informasi Restoran untuk Banyak Cabang

Jika anda mengelola lebih dari satu restoran, solusi POS berbasis cloud memungkinkan anda untuk memusatkan data anda di semua lokasi. Pada setiap saat, pemilik dan manajer dapat mengakses informasi tentang masing-masing lokasi dari komputer, perangkat atau lokasi tertentu, serta melakukan update yang akan dibakukan untuk setiap lokasi.

5. Peningkatan keamanan data

Dalam sistem Cloud POS, bisnis ritel dan restoran dapat bernapas lega bahwa informasi mereka dapat terjaga dengan baik. Informasi disimpan dan disinkronisasikan secara elektronik dan dapat dengan mudah dikembalikan. Tidak perlu khawatir tentang back up data atau kehilangan data ketika terjadi pemadaman listrik atau kerusakan hardware. Manfaat besar lain dari sistem berbasis cloud adalah bahwa hal ini memungkinkan untuk menerapkan langkah-langkah keamanan canggih seperti enkripsi untuk melindungi data dari virus dan pembobolan sistem.
Singkatnya, dengan mengguakan teknologi sistem informasi khusus untuk restoran sebagai saana manajemen restoran secara terpusat, anda dapat lebih mudah mengetahui kondisi bisnis restoran anda baik secara keseluruhan maupun per cabang. Efisiensi secara signifikan juga dapat anda peroleh, sistem manajemen restoran terpusat ini menghilangkan kebutuhan dinas karyawan. Jika anda memiliki 10 cabang, dan tiap cabang secara rutin diperlukan auditor, teknisi, dan manajer pusat untuk melakukan verifikasi dan evaluasi, maka anda dapat menghemat biaya perjalanan ratusan juta per bulan atau milayaran rupiah per tahun.

Komentar

Postingan Populer