Aplikasi Pesan Antar Makanan untuk Restoran Indonesia

Makanan dan minuman merupakan kebutuhan utama manusia, tentunya dalam era teknologi modern apalagi yang sebentar lagi masuk ke era SmartCity, mau tidak mau perusahaan restoran juga mengikuti perubahan tersebut jika ingin tetap bertahan pada era persaingan, sebab pada banyak kasus tutupnya sebuah perusahan karena gagal mengantisipasi perubahan.

image credit: google image

Pada masa yang akan datang di Indonesia khususnya, akan semakin banyak restoran yang memberikan pelayanan pesan antar makanan dengan sistem aplikasi cloud web maupun aplikasi android. Lantas bagaimana langkah nya ?

Langkah Pembuatan Aplikasi Mobile untuk Pesan Antar Makanan

Sebelum sebuah aplikasi pesan antar makanan tersebut dapat dibangun, terlebih dahulu harus memperhatikan beberapa faktor dibawah ini:
  • Pemahaman bisnis restoran, mulai dari awal sampai akhir pada suatu siklus operasional.
  • Prosedur operasional, syarat dan kebijakan.
  • Peta cabang / lokasi restoran dan sistem kepemilikan
  • Infrastruktur IT, secara menyeluruh seperti perangkat yang ada, sistem jaringan dan telekomunikasi, serta aplikasi yang ada.
  • Sistem pencatatan akuntansi, dengan cost dan profit center (jika cabang tidak di franchise alias kepemilikan perusahaan itu sendiri), sistem pembayaran, dan lain-lain.
Setelah itu dapat disusun sebuah rancangan yang diperlukan sampai analisa pemrograman untuk pemesanan via web dan melalui aplikasi mobile android. Tentunya teknologi IT yang digunakan harus mendukung untuk sitem pesan antar makanan ini.

 Berikut beberapa kriteria sistem aplikasi pesan antar makanan tersebut:

  • Harus sederhana, mudah digunakan, dan stabil
  • Ada fasilitas chatting untuk memberikan bantuan ke pelanggan 
  • Pilihan pembayaran yang beragam
  • Pelanggan dan seluruh pihak dapat melihat seluruh aktifitas proses sampai makanan mereka diantar.
  • Ada rating dari pengguna baik untuk makanan, pelayanan, dan pengantaran.
  • Dapat terkoneksi ke modul lainnya dalam sistem aplikasi secara keseluruhan (inventory, process, accounting)
Seperti pada restoran sederhana yang masih menggunakan sistem manual, customer menelepon (sebelumnya cari nomor teleponnya dulu) dan kemudian order makanan dengan menu yang mereka ingat. Penerima telepon di restoran sederhanan kemudian ke bagian penyiapan makanan, dan bikin nota yang kemudian diserahkan ke bagian antar makanan menggunakan motor. Selanjutnya, uang yang diterima dari pelanggan diberikan ke kasir.

Dengan menggunakan jasa pengelolaan IT untuk perusahaan restoran seperti R.M Sederhana maka penerimaan order dapat dilakukan secara terpusat dan di distribusikan ke lokasi restoran sederhana yang terdekat dengan pelanggan dan juga dapat di integrasikan dengan aplikasi GoFood (Gojek) untuk waktu pickup dan pengantarannya. Sinergi seperti ini memberikan keuntungan bagi para franchiser, kasir hanya perlu menyetujui order dan bagian penyiapan makanan langsung mengetahui apa yang harus di siapkan dan diberikan nomor, setelah itu armada GoJek datang menghampiri untuk antar ke pelanggan.

Sistem pembayaran, dapat dilakukan dimuka saat order telah selesai baik menggunakan transfer bank, BCA / Mandiri KlikPay. Dan jika pembayaran diterima saat barang diterima pelanggan maka dapat dilakukan secara cash ke GoJek dan dalam hal ini proses keuangan akan dicatat dan di distribusikan pada suatu modul tertentu, sehingga di akhir bulan sleuruh pendapatan dan potongan dapat di re-imburse ke masing-masing cabang restoran.


Proses Aplikasi secara berurutan:

  1. Customer Login via Ponsel baik melalui web maupun mobile app
  2. Sistem mengenali customer yang sudah pernah order, belum pernah order, dan sering batalkan order dengan memberikan notifikasi yang berbeda-beda seputar pengenalan customer tersebut.
  3. Pengenalan lokasi pelanggan dipakai untuk memilih lokasi restoran sederhana yang terdekat, dan ada informasi menu apa saja yang sedang kosong, atau semua menu tersedia.
  4. Sesaat sebelum pelanggan finalisasikan ordernya, akan tampil estimasi harga dan waktu pengantaran sampai di tempat pelanggan.
  5. Penerimaan  order masuk ke database server di data center internal yang kemudian di transfer ke data center penyedia jasa manajemen IT untuk restoran anda sebagai backup, sehingga meminimalkan resiko downtime.
  6. Pembayaran di proses melalui payment gatwey yang terdistribusi untuk berbagai jenis pembayaran pelanggan (cash / bank) ke masing-masing pihak terkait.
  7. Pihak GoJek menerima notifikasi adanya pesan antar makanan, dan secara otomatis menawarkan ke armada terdekat untuk pickup makanan.
  8. Sistem mengenali jika pesanan makanan siap di ambil GoJek, dan jika sudah di ambil dari restoran.
  9. Sistem menampilkan armada GoJek yang mengantar ke lokasi pelanggan, hingga sampai di tempat dan sudah diterima pelanggan.
  10. Sistem menawarkan feedback dan memberikan invoice/bukti pembayaran via e-mail ke pelanggan.

Keuntungan Restoran Menggunakan Sistem Aplikasi Pesan Antar Makanan Online

Pada akhirnya, dengan sistem aplikasi online untuk order makanan. Para pemilik royalti restoran dapat semakin meningkatkan kepercayaan pada franchisernya dengan pemerataan order dan juga dapat mengukur wilayah mana saja yang memiliki potensi order kurang dan potensi order berlebihan sehingga jika ada franchise lama yang kurang dalam pendapatan dapat disarankan pindah ke lokasi yang lebih ramai ordernya. Kemampuan melihat potensi dan mengukur secara tepat merupakan kunci dari perusahaan yang banyak gerai tersebar apalagi melakukan franchise.

Keuntungan lainnya adalah, pemilik royalti dapat menjual bahan baku lebih efektif dan efisien karena dengan terukurnya jumlah kebutuhan maka perusahaan dapat menerapkan strategi pembelian bahan baku dan menerapkan standar manajemen pemasok yang lebih fleksibel sesuai kebutuhan.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer